Rabu, 20 Oktober 2010

LKS SEJ X bab 4-6

LEMBAR KEGIATAN SISWA
MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X / SEMESTER I


Judul : Kegunaan Sejarah
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester X / 1
Metode : Diskusi, studi pustaka, wawancara
Waktu : 2 x 45 menit ( disesuaikan dengan kondisi sekolah )


1. Petunjuk Belajar ( Petunjuk Siswa )
a. Baca secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b. Baca literatur yang anda bawa atau di perpustakaan untuk memperkuat pemahaman anda
c. Kerjakan setiap langkah sesuai tugas yang di berikan
d. Konsultasikan dan diskusikan kepada guru jika menemui kesulitan dalam mengerjakan tugas
e. Kumpulkan tugas sesuai jadwal yang di sepakati
2. Standar Kompetensi
Kemampuan memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
3. Kompetensi yang Akan Dicapai
Kemampuan menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah.
4. Indikator
Mendeskripsikan kegunaan sejarah
5. Informasi
Kegunaan sejarah dalam kehidupan masyarakat
a. Edukatif
Dengan mempelajari sejarah kita akan menjadi bijaksana (Historia vitae magistra). Kejadian-kejadian masa lalu yang diceritakan kembali oleh sejarah dapat dijadikan sebagai pelajaran kepada kita di masa sekarang, dan selanjutnya kita dapat merencanakan langkah yang lebih bijak dalam menghadapi masa depan.
b. Memberikan inspirasi
Dengan mempelajari kisah-kisah sejarah, kita dapat mengambil inspirasi berupa ide, sikap, tindakan, perilaku, ketokohan, dan sebagainya yang dapat membantu kita dalam memecahkan masalah di masa sekarang ataupun memotivasi ide progresif yang akan membawa keberhasilan di masa depan.
c. Memberikan kesadaran waktu
Dalam perjalanan sejarah umat manusia selalu terjadi perubahan, perkembangan, siklus, dan pasang surut kehidupan. Kita harus menyadari bahwa itu terjadi pada tiap waktu. Sehingga kita harus mensikapi dan mengambil pelajaran dari tiap kejadian yang bermanfaat bagi perjalanan sejarah kita sendiri atau masyarakat.
d. Membentuk rasa kebangsaan ( Nasionalisme )
Suatu bangsa dan negara bisa terbentuk karena adanya suatu kesamaan sejarah yang dialami oleh bangsa tersebut. Asal-usul suatu bangsa dapat ditelusuri dengan cara mempelajari sejarah bangsa tersebut. Oleh sebab itu, mempelajari sejarah sangatlah penting untuk sebuah bangsa, sebab akan dapat memperkokoh jiwa nasionalisme.
Contoh : Dengan mempelajari sejarah kepahlawanan Pangeran Diponegoro, kita merasa semakin bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia.



e. Rekreatif dan rasa estetis
Pada saat kita mempelajari kisah-kisah sejarah tertentu, kadang kita merasa asyik dan terhibur. Seperti misalnya sejarah kepahlawanan Gajah Mada, atau intrik di dalam keluarga kerajaan Singasari yang melibatkan Ken Arok-Tunggul Ametung-Ken Dedes dan keturunannya.

f. Bentuk identitas nasional
Identitas nasional atau suatu kepribadian bangsa bisa terbentuk dari pengalaman-pengalaman sejarah yang terjadi pada bangsa tersebut. Menurut David Gordon, sejarah merupakan pengalaman kolektif suku bangsa. Pengalaman sejarah tiap-tiap bangsa berbeda-beda, karena itu kepribadian setiap bangsa pun berbeda-beda. Jadi, sejarah suatu bangsa akan mempengaruhi bentuk kepribadian bangsa tersebut. Kenalilah sejarah suatu bangsa untuk mengetahui lebih dalam tentang bangsa tersebut.

6. Tugas
1. Di luar kelas
Mencari bukti betapa pentingnya sejarah dalam kehidupan bermasyarakat, menanyakan kepada tokoh masyarakat.

2. Di dalam kelas
a. Diskusikan tema “fungsi sejarah dalam kehidupan masyarakat”.
b. Presentasi hasil diskusi kelompok.
c. Menyimpulkan hasil diskusi dengan bantuan guru pengampu.
d. Membuat laporan dalam kelompok menggunakan format yang telah tersedia.
e. Menyerahkan laporan hasil diskusi kepada guru.

7. Langkah Kerja
1. Buatlah kelompok, maksimal 1 kelompok 5 anggota.
2. Tentukan notulis, pembicara dan ketua setiap kelompok.
3. Bacalah buku diperpustakaan / literatur, jika memungkinkan bukalah situs di internet.
4. Diskusikan dengan anggota kelompokmu, hasil bacaan atau pengamatan dari internet tadi.
5. Buatlah laporan hasil kerja kelompokmu.
6. Pesentasikan di depan kelas hasil kerja kelompokmu tersebut.

8. Penilaian / Uji Kompetensi
Aspek: Kognitif
A. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Apakah benar dengan mempelajari sejarah, nasionalisme seseorang akan semakin kuat !
Jawab ………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Mempelajari sejarah akan membuat seseorang menjadi bijaksana “Historia vitae magistra“! Benarkah demikian ?
Jelaskan dengan argumentasimu !
Jawab ………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………....
3. Jelaskan fungsi edukatif dari sejarah !
Jawab ………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….


4. Jelaskan fungsi inspiratif sejarah !
Jawab ………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
5. Mengapa setiap bangsa/negara, selalu mengajarkan sejarahnya masing-masing !
Jawab ………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………....
6. Jelaskan manfaat pendidikan Sejarah Nasional bagi generasi muda !
Jawab ………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………....
7. Apa manfaat dari kisah sejarah bagi masyarakat sebelum mengenal tulisan?
Jawab ………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………..
8. Jelaskan fungsi historiografi tradisional bagi penyusunan historiografi nasional!
Jawab ………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………..
B. Tulislah tiga contoh peristiwa sejarah yang berperan dalam kehidupan masyarakat !
No Nama Peristiwa Peran dalam masyarakat
1.




2.




3.



…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
………………………………….. ……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….

C. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Pengaruh positif dari peristiwa pendudukan Jepang terhadap kehidupan bangsa Indonesia adalah….
a. adanya kebebasan untuk memerintah sendiri
b. kebebasan untuk menggunakan bahasa indonesia
c. kebebasan membentuk organisasi pergerakan
d. kebebasan dalam kehidupan ekonomi
e. kebebasan membentuk pasukan perang
2. “Jangan sekali-kali melupakan sejarah ( jasmerah )“, ungkapan ini merupakan sebuah pesan kepada bangsa Indonesia dari tokoh….
a. Bung Karno d. HOS Cokroaminoto
b. Bung Hatta e. Sutan Syahrir
c. Bung Tomo
3. Manfaat yang dapat dipetik dari mempelajari sejarah adalah sebagai berikkut, kecuali….
a. kita dapat menilai peristiwa-peristiwa yang merupakan keberhasilan dan peristiwa-peristiwa yang merupakan kegagalan
b. sejarah dapat menjadi guru yang baik
c. sejarah merupakan ingatan kolektif suatu bangsa yang dapat memperkokoh rasa cinta tanah air
d. kita dapat meramal peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada waktu yang akan datang
e. kita dapat memberikan kesadaran akan waktu yang terus berjalan
4. Belajar sejarah adalah belajar masa lampau, yang dipelajari untuk masa kini dan masa depan, sehingga orang menjadi….
a. pandai d. bijaksana
b. senang e. adil
c. kagum
5. Daftar tahun dan peristiwa sejarah sebelum diteliti dan diurutkan sesuai dengan waktu kejadiannya disebut….
a. sejarah d. legenda
b. situs e. kronik
c. artefak

D. Hasil laporan dari diskusi kelompok
Aspek: Afektif
Melalui pengamatan selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Petunjuk bagi siswa : Perhatikan setiap aspek yang tertera didalam kolom pernyataan/penilaian, dan laksanakan setiap aspek pernyataan tersebut.
No. Pernyataan Skala
SL Sr J TP
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8. Siswa aktif mengikuti pelajaran
Kesungguhan mencari sumber pustaka
Kemampuan mengungkapkan pendapat
Kemampuan menanggapi pertanyaan
Kemampuan bekerja sama
Kemampuan menyimpulkan hasil diskusi
Kemampuan bertanya hal yang kurang jelas
Memberi kesempatan kepada orang lain
Keterangan :
Aspek yang dinilai skor pernyataan positif skor minimal 8, maksimal 32
1. SL = selalu 4 Jadi kategorinya :
2. Sr = sering 3 8 – 14 : tidak berminat
3. Jr = Jarang 2 15 – 20 : kurang berminat
4. Tp = Tidak pernah 1 21 – 26 : berminat
27 – 32 : sangat berminat
9. Tindak Lanjut
Jika anda dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan langkah kerja di atas maka diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan berikutnya. Jika belum maka dilakukan pengulangan kembali (remidial).







LEMBAR KEGIATAN SISWA
MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X / SEMESTER I


Judul : Sumber Sejarah, Bukti Sejarah, Fakta Sejarah, Artefak
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester : X / 1
Metode : Observasi / Pengamatan, Studi Pustaka, Wawancara
Waktu : 2 x 45 menit ( disesuaikan dengan kondisi sekolah )


1. Petunjuk Belajar ( Petunjuk Siswa )
a. Baca secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b. Baca literatur yang anda bawa atau di perpustakaan untuk memperkuat pemahaman anda
c. Kerjakan setiap langkah sesuai tugas yang di berikan
d. Konsultasikan dan diskusikan kepada guru jika menemui kesulitan dalam mengerjakan tugas
e. Kumpulkan tugas sesuai jadwal yang di sepakati
2. Standar Kompetensi
K emampuan memahami prinsip dasar ilmu sejarah
3. Kompetensi yang Akan Dicapai
Kemampuan menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah.
4. Indikator
Mendeskripsikan, sumber, bukti dan fakta sejarah
5. Informasi
Sumber sejarah, bukti-bukti, dan fakta sejarah
1) Sumber sejarah
Karena sejarah disusun dari peristiwa masa lampau maka diperlukan bukti atau peninggalan-peninggalan sebagai jejak-jejak sejarah yang disebut dengan istilah sumber sejarah.
Macam-macam sumber sejarah
a) Sumber tertulis
Contoh: surat, laporan , piagam, naskah, kitab, arsip, dan sebagainya
b) Sumber lisan
Berupa keterangan langsung dari pelaku sejarah atau saksi sejarah (orang yang menyaksikan langsung peristiwa atau kejadian saat itu).
c) Sumber benda (artefak)
Contoh: fosil, patung, bangunan, nisan, senjata, perhiasan, peralatan upacara, dan sebagainya.
d) Sumber rekaman
Sumber rekaman merupakan hasil rekaman audio maupun visual
Contoh: rekaman suara Bung Karno ketika membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI
Sumber-sumber sejarah memiliki tingkat keaslian dan kebenaran yang berbeda. Dalam penggunaan sumber-sumber sejarah harus mendasarkan pada prioritas sumber yang ada, yaitu :
a) Sumber primer (sumber pertama), merupakan sumber-sumber atau bukti-bukti yang ditinggalkan dari peristiwa yang terjadi. Sumber primer dianggap sebagai sumber yang paling kuat dan akurat.
Contoh: kesaksian pelaku dan saksi sejarah, prasati, piagam, candi, dan lain-lain.
b) Sumber sekunder (sumber kedua), merupakan kesaksian yang bukan berasal dari pelaku atau saksi, dapat berupa hasil penelitian sejarah atau jurnal-jurnal.
Contoh: Buku dari hasil disertasi Sartono Kartodirjo yang berjudul Pemberontakan Petani Banten 1888.
c) Sumber tertier (sumber ketiga), berupa buku-buku yang berkaitan dengan sejarah yang ditulis tanpa penelitian terhadap sumber primer.
2) Bukti dan fakta sejarah
Bukti adalah hal-hal yang memperkuat kenyataan bahwa sebuah peristiwa benar-benar telah terjadi. Sedangkan fakta adalah sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Dari bukti-bukti yang berhasil dikumpulkan maka dapat disimpulkan tentang fakta-fakta sejarah yang berupa fragmen-fragmen atau penggalan-penggalan peristiwa yang benar-benar telah terjadi. Dalam proses rekonstruksi sejarah maka fakta-fakta sejarah yang berhubungan akan disusun secara kronologis menjadi sebuah kisah sejarah.
Untuk dapat dikategorikan sebagai bukti-bukti sejarah maka data-data yang berhasil dikumpulkan di lapangan harus diseleksi terlebih dulu secara teliti dan hati-hati dengan menggunakan langkah kritik sumber (sudah dijelaskan sebelumnya). Bukti dan fakta sejarah dapat di ketahui dari sumber asalnya, yaitu :
 Bukti dan fakta dari sumber primer, berupa keterangan dari pelaku atau saksi sejarah. Terkadang sumber ini lemah karena ada unsur subjektif .
 Bukti dan fakta dari sumber sekunder, berupa keterangan atau uraian peristiwa yang dilakukan bukan oleh pelaku atau saksi sejarah. Unsur kebenarannya semakin berkurang, karena uraian peristiwa didasarkan pada penafsiran penulis dari sumber-sumber yang didapat.
Fakta mental dan fakta sosial
Fakta mental adalah keseluruhan dari tatanan mental yang berkembang di masyarakat pada satu zaman, menjadi penggerak peristiwa sejarah pada zaman tersebut. Contoh fakta mental adalah ide gagasan, konsep, faham, pendapat masyarakat, idiologi.
Fakta sosial adalah kondisi sosial yang berkembang pada masyarakat pada zaman tertentu. Contoh fakta sosial yaitu konflik sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, struktur kekuasaan.
3) Artefak dalam sejarah
Artefak merupakan peralatan atau alat-alat kebudayaan, jadi benda yang dibuat manusia. Perkembangan alat-alat kebudayaan manusia dapat dilihat dari perkembangan hasil kebudayaannya, yaitu sebagai berikut :

Kebudayaan zaman batu
Kebudayaan Batu





Kebudayaan polaeotikum Kebudayaan Mesolitikum Kebudayaan Neolitikum Kebudayaan Megalitikum
- Kebudayaan Pacitan - Kjokkenmoddinger - Kapak persegi - Menhir
- Kebudayaan Ngandong - Bacson Hoabinh - Kapak Lonjong - Dolmen
- Abris Sous Roche - Sarkofagus
- Kebudayaan Bandung - Kubur Batu
- Kebudayaan Toala - Waruga



6. Tugas
a. Di luar kelas
1. Membaca literatur atau mencari informasi di internet tentang pengertian dan contoh-contoh dari sumber, bukti, fakta dan artefak sejarah
2. Mencari contoh, membuat infentarisasi contoh-contoh sumber, bukti, fakta, artefak sejarah didaerah / kota masing-masing
b. Di dalam kelas
1. Diskusikan tentang sumber, bukti, fakta dan artefak sejarah. Cari dan temukan hal-hal tersebut di kota anda.
2. Presentasi hasil diskusi kelompok
3. Menyimpulkan hasil diskusi bersama antara guru dan siswa
4. Membuat laporan kelompok menggunakan format yang telah tersedia
5. Menyerahkan laporan hasil diskusi kepada guru

7. Langkah Kerja
1. Buatlah kelompok, maksimal 1 kelompok 5 anggota.
2. Tentukan notulis, pembicara dan ketua setiap kelompok.
3. Bacalah buku diperpustakaan, jika memungkinkan bukalah situs di internet yang membahas tentang sumber, bukti, fakta dan artefak sejarah.
4. Diskusikan dengan anggota kelompokmu, hasil bacaan atau pengamatan dari internet tadi.
5. Buatlah laporan hasil kerja kelompok tentang contoh-contoh sumber, bukti, fakta, artefak sejarah di kotamu!
6. Presentasikan di depan kelas hasil kerja kelompokmu tersebut.
7. Selanjutnya buatlah laporan dan kumpulkan pada guru pengampu

8. Penilaian / Uji Kompetensi
Aspek: Kognitif
A. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Apa yang dimaksud artefak sejarah !
Jawab ………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Tulislah jenis-jenis sumber sejarah beserta contohnya !
a. ditinjau dari wujudnya:
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….……………………
…………………………………………………………………………………………….……………………
b. ditinjau dari prioritas penggunaan sumber:
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….……………………
…………………………………………………………………………………………….……………………
3. Tuliskan pengertian dari bukti dan fakta sejarah !
Jawab ………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………....
4. Apa yang anda ketahui tentang sumber sejarah !
Jawab ………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………....
5. Tuliskan contoh-contoh artefak sejarah!
a. contoh umum:
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………….……………………
…………………………………………………………………………………………….……………………
b. contoh di kota anda :
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….……………………

B. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Yang dimaksud dengan fakta mental dalam sejarah adalah …
a. keseluruhan tatanan mental yang berkembang pada suatu zaman yang meliputi ide-ide, gagasan-gagasan, konsep-konsep, inspirasi, aspirasi, dan ideologi yang meliputi penggerak sejarah
b. keadaan zaman yang berkembang pada saat sejarawan melakukan penulisan sejarah yang berbeda dengan keadaan zaman ketika peristiwa sejarah terjadi sehingga menimbulkan subjektivitas dalam penulisan sejarah
c. pandangan yang berbeda dalam menafsirkan suatu peristiwa sejarah karena dipengaruhi oleh perbedaan latar belakang ideologi penulisnya
d. keadaan masyarakat yang mencakup struktur sosial, lembaga-lembaga sosial, dan proses-proses sosial
e. mitos-mitos yang berkembang pada suatu zaman sehingga menjadi penggerak sejarah
2. Dokumen naskah proklamsi 17 Agustus 1945 pada hakikatnya merupakan …
a. fakta sejarah
b. kisah sejarah
c. bukti sejarah
d. peristiwa sejarah
e. bentuk sejarah
a. nilai dan moral
3. Berikut ini merupakan bahan-bahan dokumenter, kecuali …
a. arsip
b. laporan
c. artefak
d. naskah-naskah kuno
e. piagam penghargaan
4. Babad tanah jawi sebuah karya sastra sejarah yang mengisahkan tentang kerajaan mataram termasuk karya …
a. tradisi lisan
b. legenda
c. historiografi tradisional
d. historiografi modern
e. historiografi nasional
5. Sejarah bersifat unik, artinya…
a. dapat diselidiki di laboratorium
b. peristiwanya bersifat kemanusiaan
c. peristiwanya dapat diulang kembali
d. terjadi pada masa lampau dan mempengaruhi masa kini
e. terjadi sekali saja dan tak dapat diulang
6. Contoh peristiwa sejarah yang diungkapkan oleh para pelaku: Tokoh utama serangan umum 1 Maret 1949 adalah….
a. Sudirman d. Soeharto
b. Sungkuno c. Sri Sultan Hamengkubuono IX
c. A.H. Nasution
7. Penulisan sejarah untuk tujuan akademik lebih menekankan dalam bidang kajian….
a. ideologis d. ilmiah murni
b. filosofis e. nasionalis
c. strategis
8. Cara penentuan usia suatu benda peninggalan budaya manusia berdasarkan lapisan tanah disebut…
a. tipologi d. zoologi
b. kimiawi e. stratigrafi
c. arkeologi
9. Yang dimaksud sumber primer dalam penelitian sejarah adalah …
a. sumber tertulis
b. sumber lisan
c. sumber utama dan sumber pokok
d. sumber yang berasal dari pelaku sejarah
e. sumber yang menjadi acuan utama dalam penulisan sejarah
10. Makna peristiwa sejarah menyangkut tiga dimensi, yaitu masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang . Hal ini berarti sejarah mengadung pelajaran tentang….
a. estetika dan etika
b. genetika dan etika
c. estetika dan moral
d. norma dan nilai






LEMBAR KEGIATAN SISWA
MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X / SEMESTER I


Judul : Jenis-Jenis Sejarah
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester : X / 1
Metode : Diskusi, studi pustaka, ceramah
Waktu : 2 x 45 menit ( disesuaikan kondisi sekolah )


1. Petunjuk Belajar ( Petunjuk Siswa )
a. Baca secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b. Baca literatur yang anda bawa atau di perpustakaan untuk memperkuat pemahaman anda
c. Kerjakan setiap langkah sesuai tugas yang di berikan
d. Konsultasikan dan diskusikan kepada guru jika menemui kesulitan dalam mengerjakan tugas
e. Kumpulkan tugas sesuai jadwal yang di sepakati
2. Standar Kompetensi
Kemampuan memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
3. Kompetensi yang Akan Dicapai
Kemampuan menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah.
4. Indikator
Membedakan jenis-jenis sejarah berdasarkan skupnya
5. Informasi
Jenis-jenis Sejarah
Sejarah sebagai ilmu mempelajari peristiwa masa lampau manusia yang sangat kompleks, menyangkut bidang kajian, cakupan wilayah, maupun rentang waktu. Oleh sebab itu jenis-jenis sejarah dapat dibedakan berdasarkan cakupan wilayah, tingkat kekunoan, tema, dan wilayahnya. Lihat bagan di bawah ini:






Cakupan wilayah Tingkat kekunoan Tema Wilayah
Sejarah Dunia Prasejarah Sejarah Kebudayaan Sejarah Eropa
Sejarah Nasional Sejarah Kuno Perekonomian Sejarah Amerika
Sejarah Lokal Sejarah Modern Hukum Sejarah Asia
Sejarah Kontemporer Maritim Sejarah Australia
Tata Negara dll.
Sejarah Militer
ٍSejarah Geografi
Sejarah Sosial

1. Sejarah Dunia
Sejarah dunia adalah peristiwa yang terjadi di masa lampau, berhubungan dengan aktivitas manusia, terjadi di berbagai negara, dan umumnya peristiwa-peristiwa itu berkaitan satu dengan yang lain.
Misalnya: Sejarah Perang Dunia I, Perang Dunia II, Perang Asia Pasifik, sejarah berdirinya PBB, dan lain lain.


2. Sejarah Nasional
Searah nasional adalah peristiwa masa lampau bangsa Indonesia sejak kedatangan nenek moyang sampai pada masa sekarang yang menyangkut berbagai aspek kehidupan.
Misalnya: Sejarah pergerakan nasional Indonesia, sejarah perang kemerdekaan, dan lain lain.
3. Sejarah Lokal
Sejarah lokal adalah peristiwa yang terjadi pada masa lampau di suatu wilayah atau tempat tertentu, di mana skup terjadinya peristiwa lebih sempit dan terbatas.
Misalnya: Pemberontakan petani Banten tahun 1888, pemberontakan PETA Gumilir Cilacap tahun 1945, perlawanan bambu runcing dari Parakan Temanggung, dan lain lain.

6. Tugas
a. Di luar kelas
a. Mencari informasi tentang jenis-jenis sejarah di literatur / internet
b. Menulis contoh-contoh dari tiap jenis sejarah sebagai bahan diskusi
b. Di dalam kelas
a. Diskusikan tentang jenis-jenis sejarah dalam kehidupan masyarakat
b. Presentasi hasil diskusi kelompok.
c. Menyimpulkan hasil diskusi bersama antara guru dan siswa
d. Membuat laporan kelompok
e. Menyerahkan laporan hasil diskusi kepada guru pengampu.

7. Langkah Kerja
1. Buatlah kelompok, maksimal 1 kelompok 5 anggota.
2. Tentukan notulis, pembicara dan ketua setiap kelompok.
3. Bacalah buku di perpustakaan, jika memungkinkan bukalah situs di internet yang membahas tentang jenis-jenis sejarah.
4. Diskusikan dengan anggota kelompokmu, hasil bacaan atau pengamatan dari internet tadi.
5. Presentasikan di depan kelas hasil kerja kelompokmu tersebut.
6. Buatlah laporan hasil diskusi secara kelompok tentang jenis-jenis sejarah, selanjutnya kumpulkan pada guru pengampu.

8. Penilaian / Uji Kompetensi
Aspek: Kognitif
A. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Berikan contoh tokoh-tokoh sejarah politik di Indonesia yng anda kagumi, mengapa demikian?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………
2. Jelaskan kaitan sejarah geografi dengan suatu peristiwa sejarah!
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………
3. Berikan contoh peristiwa-peristiwa yang masuk dalam jenis sejarah masing-masing di bawah ini !

a. Sejarah Dunia
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
b. Sejarah Nasional
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
c. Sejarah Lokal
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
d. Pra Sejarah
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
e. Sejarah Kuno
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
f. Sejarah Modern
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
g. Sejarah Kontemporer
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
h. Sejarah Kebudayaan
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..

i. Sejarah Perekonomian
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
j. Sejarah Maritim
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
k. Sejarah Tata Negara
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
l. Sejarah Militer
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
m. Sejarah Geografi
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
n. Sejarah Eropa
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
o. Sejarah Asia
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
p. Sejarah
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
q. Amerika
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..…...
……………………………………………………………………………………………………………..
4. Sebutkan jenis-jenis sejarah !
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
5. Mengapa perlu dibuat jenis-jenis sejarah !
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………………………


B. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Pembagian sejarah atas dasar ruang lingkup geografis antara lain di bawah ini, kecuali.…
a. sejarah dunia
b. sejarah wilayah regional
c. sejarah nasional
d. sejarah Maritim
e. sejarah kota
2. Salah satu penulisan sejarah di Indonesia yang berdasarkan ruang dan waktu adalah….
a. sejarah nasional
b. sejarah didaktis
c. dramatis
d. heroik
e. sastra politik
3. Jenis sejarah yang mencakup kawasan yang lebih luas dari sejarah lokal adalah …
a. sejarah sosial
b. sejarah dunia
c. sejarah nasional
d. sejarah politik
e. sejarah ketatanegaraan
4. Menurut Taufik Abdullah dan Abdurrahman Surjomihardjo, penulisan sejarah Indonesia dibedakan atas tiga jenis salah satunya adalah….
a. sejarah kolonial d. sejarah kontemporer
b. sejarah pewarisan e. sejarah tradisional
c. sejarah nasional
5. Penulisan sejarah nasional memiliki ciri yang menonjol yaitu….
a. penggunaan metode akademik dan historiografi
b. penggunaan metode ilmiah dan interprestasi
c. penggunaan metode ilmiah secara terampil dan historiografi
d. penggunaan metode ilmiah dan heuristik
e. penggunaan metode ilmiah dan verifikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar