Rabu, 20 Oktober 2010

LKS KLS X bab 7-9

MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X / SEMESTER I


Judul : Jejak-Jejak Masa Lampau
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester : X / 1
Metode : Diskusi, Observasi, Studi Pustaka,
Waktu : 2 x 45 menit ( disesuaikan dengan kondisi sekolah )


1. Petunjuk Belajar ( Petunjuk Siswa )
a. Baca secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b. Baca literatur yang anda bawa atau di perpustakaan untuk memperkuat pemahaman anda
c. Kerjakan setiap langkah sesuai tugas yang di berikan
d. Konsultasikan dan diskusikan kepada guru jika menemui kesulitan dalam mengerjakan tugas
e. Kumpulkan tugas sesuai jadwal yang di sepakati
2. Standar Kompetensi
Kemampuan memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
3. Kompetensi yang Akan Dicapai
Kemampuan menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah.
4. Indikator
Mengidentifikasikan peristiwa sejarah, peninggalan sejarah dan monumen sejarah
5. Informasi
Jejak-jejak Masa Lampau
a. Peristiwa sejarah
Setiap peristiwa atau kejadian yang telah terjadi dapat dikategorikan sebagai sejarah. Tetapi tidak semua kejadian atau peristiwa yang telah berlalu kemudian diungkap kembali menjadi sebuah kisah sejarah. Hanya peristiwa-peristiwa yang memiliki makna bagi seseorang, suatu kelompok masyarakat, sebuah bangsa, atau umat manusia di seluruh dunia saja yang berusaha direkonstruksi untuk selalu dikenang sebagai sebuah peristiwa sejarah.
Contoh peristiwa sejarah yang bermakna:
- Peristiwa sunatan bagi seorang laki-laki suku Jawa.
- Peristiwa kerusuhan 14 Mei 1998 di Jakarta bagi keluarga korban kerusuhan.
- Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia.
- Peristiwa Perang Dunia II bagi seluruh umat manusia

b. Peninggalan sejarah
Peninggalan sejarah merupakan benda-benda hasil budaya manusia dari masa lampau. Peninggalan-peninggalan manusia ini beraneka ragam wujudnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan manusia pada saat itu. Wujud peninggalan sejarah antara lain berupa bangunan, peralatan, perhiasan, tempat pemujaan, dan sebagainya.
Contoh-contoh benda peninggalan sejarah di Indonesia, antara lain:
- Masjid Demak sebagai peninggalan Wali Songo.
- Kraton Surakarta dan Kraton Yogyakarta sebagai peninggalan zaman Mataram Islam
- Candi Borobudur, Prambanan, Kalasan, dan lain lain, sebagai peninggalan zaman Mataram Kuno.


c. Monumen peringatan peristiwa bersejarah
Monumen peringatan adalah sebuah bangunan tugu yang dibuat sebagai tanda bahwa di tempat itu pernah terjadi peristiwa sejarah yang penting. Pembuatan monumen bertujuan untuk mengenang peristiwa yang telah terjadi di tempat atau daerah tersebut.
Di Indonesia banyak terdapat monumen-monumen peringatan peristiwa bersejarah, seperti: Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya di Jakarta; Monumen Serangan Umum 1 Maret di Yogyakarta; Monumen Trikora di Makassar; Monumen Sepuluh November di Surabaya; dan lain-lain.
6. Tugas
a. Di luar kelas
1. Lakukan upaya mencari informasi tentang peristiwa, hasil budaya, peninggalan sejarah, di kota anda
2. Lakukan pendataan dari informasi diatas
b. Di dalam kelas
a. Diskusikan tentang identifikasi peristiwa, peninggalan dan monumen sejarah
b. Presentasi hasil diskusi kelompok
c. Menyimpulkan hasil diskusi bersama antara guru dan siswa
d. Membuat laporan dalam kelompok menggunakan format yang telah tersedia
e. Menyerahkan laporan hasil diskusi kepada guru
7. Langkah Kerja
1. Buatlah kelompok, maksimal 1 kelompok 5 anggota.
2. Tentukan notulis, pembicara dan ketua setiap kelompok.
3. Bacalah buku di perpustakaan, jika memungkinkan bukalah situs di internet yang membahas tentang identifikasi peristiwa sejarah, peninggalan sejarah dan monumen sejarah secara umum dan yangada di kota anda.
4. Diskusikan dengan anggota kelompokmu, hasil bacaan atau pengamatan dari internet tadi.
5. Buatlah laporan hasil diskusi secara kelompok tentang identitas peristiwa, peninggalan dan monumen sejarah
6. Presentasikan di depan kelas hasil kerja kelompkmu tersebut.
7. Kumpulkan kepada guru tugas yang diberikan
8. Penilaian / Uji Kompetensi
Aspek: Kognitif
Jenis tagihan : soal dan hasil laporan
A. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Tuliskan peninggalan sejarah yang termasuk monumen di kota anda !
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………
………………..……………………………………………………………………….……………………
.……………………………………………………………………………………….……………………
.……………………………………………………………………………………….……………………
2. Apakah fungsi tujuan Identifikasi peristiwa sejarah dan peninggalan sejarah !
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………
………………..……………………………………………………………………….……………………
.……………………………………………………………………………………….……………………
.……………………………………………………………………………………….……………………
3. Tulislah peristiwa sejarah yang terjadi di sekitar anda !
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………
………………..……………………………………………………………………….……………………
.……………………………………………………………………………………….……………………
.……………………………………………………………………………………….……………………

4. Lengkapilah kolom dibawah ini dengan memberi contoh benda-benda peninggalan jaman sejarah dan prasejarah
No. Zaman Contoh benda peninggalan sejarah
1.

2.

3. Zaman prasejarah

Zaman hindu budha

Zaman Islam (madya)


5. Lengkapilah kolom dibawah ini
No. Peninggalan monument Tempat monument Tujuan pendirian monumen
1.


2.


3.















B. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Cara menentukan ketuaan suatu peninggalan sejarahberdasarkan bentuk dari peninggalan tersebutdi sebut.…
a. kimiawi
b. stratifikasi
c. filologi
d. tipologi
e. stratigrafi
2. Arca-arca dan relief yang menghiasi candi-candi besar seperti Prambanan dan
Borobudur memiliki makna tersendiri. Hal ini dipelajari oleh ilmu bantu sejarah yang disebut….
a. paleontologi
b. paleoantropologi
c. numismatik
d. ikonografi
e. arkeologi
3. Sarkofagus adalah peti jenazah dari batu bulat yang berasal dari zaman….
a. paleolitikum
b. arkaekum
c. mesolitikum
d. neolitikum
e. megalitikum
4. Kritik intern terhadap peninggalan sejarah ditujukan pada.…
a. isi dari suatu peninggalan sejarah
b. keaslian suatu peninggalan sejarah
c. ketuaan suatu peninggalan sejarah
d. objektivitas penyusunan kisah sejarah
e. kebenaran penyusunan kisah sejarah yang dilakukan seorang sejarawan
5. Berikut ini merupakan bahan-bahan dokumenter, kecuali.…
a. arsip
b. laporan
c. artefak
d. naskah-naskah kuno
e. piagam penghargaan








LEMBAR KEGIATAN SISWA
MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X / SEMESTER I


Judul : Menyusun Kronologi Sejarah Indonesia
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester: X / 1
Metode : Observasi / Pengamatan, Diskusi, Studi Pustaka
Waktu : 2 x 45 menit ( disesuaikan dengan kondisi sekolah )


1. Petunjuk Belajar ( Petunjuk Siswa )
a. Baca secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b. Baca literatur yang anda bawa atau di perpustakaan untuk memperkuat pemahaman anda
c. Kerjakan setiap langkah sesuai tugas yang di berikan
d. Konsultasikan dan diskusikan kepada guru jika menemui kesulitan dalam mengerjakan tugas
e. Kumpulkan tugas sesuai jadwal yang disepakati
2. Standar Kompetensi
Kemampuan memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
3. Kompetensi yang Akan Dicapai
Kemampuan menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah.
4. Indikator
Menyusun Kronologi Sejarah Indonesia
5. Informasi
Kronologi Sejarah di Indonesia
1) Masa Prasejarah
Masa prasejarah terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu :
a) Masa berburu dan meramu.
Terdiri dari masa berburu tingkat sederhana (tradisi palaeolithikum ) dan masa berburu tingkat lanjut (tradisi epipalaeolithikum).
Ciri masa tradisi palaeolithikum, yaitu:
- masih tergantung alam
- hidup berkelompok dan nomaden (berpindah-pindah)
- Laki-laki melakukan pekerjaan yang kasar dan wanita mengasuh anak
- Peralatan yang digunakan masih sederhana.
Ciri masa tradisi epipalaeolitikum, yaitu:
- tidak banyak berubah dengan masa sebelumnya
- mulai bertempat tinggal di gua-gua atau di karang-karang tepi pantai
- mulai mengenal seni lukis di tebing/dinding gua
- mengenal kepercayaan tentang adanya kekuatan di sekeliling mereka
- peralatan mulai mengenal alat serpih bilah, berbentuk kecil-kecil
- mulai menggunakan alat-alat dari tulang dan kapak genggam (banyak ditemukan di Sumatera).
b) Masa bercocok tanam
Masa ini disebut revolusi kehidupan manusia. Kehidupan umat manusia tidak lagi bergantung pada alam tetapi beralih mengolah alam (food gathering ke food producing).
Ciri masa bercocok tanam, yaitu:
- hidup mulai menetap di rumah-rumah perkampungan
- mengolah tanah dengan membuka hutan sistem tebang bakar tanam (slash and burn).
- alat yang dihasilkan lebih halus dan variatif, misalnya: beliung persegi, kapak lonjong, mata panah, alat pemukul kulit kayu, alat perhiasan gelang, manik-manik
- dalam kepercayaan sudah mengenal pemujaan terhadap nenek moyang (animisme) dan kekuatan alam (dinamisme). Untuk keperluan pemujaan maka muncullah tradisi batu besar (budaya megalitikum).
c) Masa Perundagian
Masa perundagian ditandai dengan munculnya ketrampilan/kemahiran membuat benda-benda gerabah atau benda dari logam. Sehingga banyak ditemukan alat-alat dari perunggu dan besi (sangat terbatas). Pembagian kerja sudah teratur, hidup menetap, kepercayaan berkembang dan organisasi sosial tumbuh.
2) Masa Indonesia Kuno (Masa Hindu-Budha)
Terjadi hubungan dagang antara orang-orang India dengan Indonesia, dan menyebabkan masuknya pengaruh India di Indonesia. Masuknya pengaruh India di Indonesia berakibat:
a) Masuk dan berkembangnya agama Hindu-Budha di Indonesia
b) Berkembangnya perdagangan di Indonesia
c) Muncul dan berkembangnya sistem pemerintahan kerajaan mulai dari Kutai, Mataram Hindu, Majapahit, dan lain-lain.
d) Berkembang bahasa Sansekerta, tulisan dengan huruf Palawa dan Pranagari (dibahas lebih lanjut pada pokok bahasan Kerajaan Hindu-Budha).
3) Masa Indonesia Madya (Masa Islam)
Masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia melalui berbagai cara antara lain: perdagangan, perkawinan, pendidikan tasawuf, kebudayaan atau seni.
Masuknya Islam berpengaruh terhadap kehidupan dan budaya bangsa Indonesia, antara lain:
a) Pengaruh dibidang politik: munculnya kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
b) Pengaruh dibidang ekonomi: munculnya pelabuhan-pelabuhan baru, dan perdagangan semakin ramai.
c) Pengaruh dibidang agama, sastra, tulisan, bahasa, seni bangunan, dan lain-lain.
4) Masa kolonial
Sejak terjadi perubahan besar di Eropa yang disebabkan oleh jatuhnya konstantinopel ke tangan Turki, maka orang-orang Eropa banyak berdatangan ke dunia timur termasuk ke Indonesia. Maka jatuhlah Indonesia ke tangan kolonialisme. Dimulai dari masuknya Portugis, kemudian Belanda dan Inggris.
Akibat dari masuknya kolonialisme di Indonesia adalah: perubahan politik, ekonomi, sosial dan budaya.
5) Masa pergerakan Nasional Indonesia
Kesadaran bangsa Indonesia akan pentingnya perjuangan melalui organisasi mulai muncul. Faktor yang mendorong pergerakan nasional Indonesia adalah munculnya golongan terpelajar.
6) Masa pendudukan Jepang
Jepang masuk di Indonesia didorong oleh faktor:
- Imperialis dan kapitalis, karena Jepang mulai masuk sebagai negara imperialis.
- Demografi, yaitu mencari lahan untuk memindahkan penduduk Jepang yang padat,
- Ekonomi, karena Jepang membutuhkan bahan baku dan pemasaran.
- Militer, karena Jepang berubah menjadi negara yang kuat dalam militer.
- Hakko Ichi-U (delapan benang di bawah satu atap), semboyan Jepang sebagai negara fascis yang berhasrat menguasai dunia.
Pada saat kekuatan Eropa melemah akibat Perang Dunia II, maka Jepang melaksanakan penguasaan terhadap wilayah Asia-Pasifik. Masuknya Jepang di Indonesia membawa dampak bagi perkembangan bangsa Indonesia, yaitu antara lain: politik, ekonomi, sosial, budaya, birokrasi, militer, dan lain-lain.
7) Masa Indonesia Merdeka
Sejak proklamasi kemerdekaan sampai sekarang, kehidupan politik bangsa dan negara Indonesia dapat dibagi dalam beberapa periode yaitu: periode ORLA, periode ORBA, dan periode Reformasi. Kekuasaan politik di Indonesia dapat dibagi dalam beberapa periode kekuasaan seperti:
a. Periode Soekarno (1945 – 1966)
b. Periode Soeharto (1967 – 1998)
c. Periode BJ Habiebie (1998 – 1999)
d. Periode Abdurahman Wahid (1999 – 2001)


e. Periode Megawati S.P. (2001 – 2004)
f. Periode Soesilo B. Yudoyono (2004 – sekarang)

6. Tugas
a. Di luar kelas
a. Mengkaji tentang kronologi sejarah Indonesia dari literatur atau ensiklopedi
b. Menggali informasi dari literatur yang ada
b. Di dalam kelas
1. Diskusikan tugas kronologi Sejarah Indonesia
2. Presentase hasil diskusi kelompok
3. Menyimpulkan hasil diskusi bersama antara guru dan siswa
4. Membuat laporan dalam kelompok menggunakan format yang telah tersedia
5. Menyerahkan laporan hasil diskusi kepada guru

7. Langkah Kerja
1. Buatlah kelompok, maksimal 1 kelompok 5-6 anggota.
2. Carilah buku yang relevan yang ada di perpustakaan
3. Galilah informasi sebanyak-banyaknya dari buku yang ada
4. Diskusikan secara kelompok
5. Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas
6. Simpulkan hasil diskusi dengan guru pengampu
7. Susunlah laporan dengan menggunakan format yang tersedia

8. Penilaian / Uji Kompetensi
Aspek : Kognitif

Indikator: Menyusun kronologi sejarah Indonesia
A. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Tuliskan kronologi sejarah Indonesia sejak masa prasejarah !
Jawab: ....………………………………………………………………………………………………………….
…..…………………………………………………………………………………………………………
…..………………………………………………………………………………………………………….
2. Tuliskan ciri-ciri tiap masa sesuai kronologis sejarah Indonesia!
a. Masa prasejarah
Jawab: ....…………………………………………………………………………………………………..
…..………………………………………………………………………………………………….
…..…………………………………………………………………………………………………..
b. Masa Hindu-Budha
Jawab: ....…………………………………………………………………………………………………..
…..………………………………………………………………………………………………….
…..…………………………………………………………………………………………………..
c. Masa Islam
Jawab: ....…………………………………………………………………………………………………..
…..………………………………………………………………………………………………….
…..…………………………………………………………………………………………………..
d. Masa kolonial
Jawab: ....…………………………………………………………………………………………………..
…..………………………………………………………………………………………………….
…..…………………………………………………………………………………………………..
e. Masa pergerakan nasional
Jawab: ....…………………………………………………………………………………………………..
…..………………………………………………………………………………………………….
…..…………………………………………………………………………………………………..
f. Masa pendudukan Jepang
Jawab: ....…………………………………………………………………………………………………..
…..………………………………………………………………………………………………….
…..…………………………………………………………………………………………………..
g. Masa pergerakan nasional
Jawab: ....…………………………………………………………………………………………………..
…..………………………………………………………………………………………………….
…..…………………………………………………………………………………………………..
3. Jelaskan fungsi / tujuan dilakukannya kronologi sejarah Indonesia!
Jawab: ....………………………………………………………………………………………………………….
…..…………………………………………………………………………………………………………
…..………………………………………………………………………………………………………….
B. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Awal timbulnya perkampungan masyarakat prasejarah adalah….
a. kecenderungan untuk membentuk kelompok dalam menghadapi kelompok lain
b. usaha meningkatkan kerja sama dalam mengolah lahan pertanian
c. kecenderungan untuk hidup menetap dan mengolah lahan pertanian
d. rumah tinggal tidak sehat bagi kehidupan anak-anak
e. semakin terasa akan ketergantungan antar anggota kelompok
2. Kronologi periodisasi zaman prasejarah Indoneia adalah.…
a. zaman berburu, meramu dan bercocok tanam
b. zaman berburu, menetap dan perundagian
c. zaman meramu, bercocok tanam dan menetap
d. zaman batu, perunggu dan besi
e. zaman batu, logam dan perundagian
3. Awal tumbuhnya tulisan pada masyarakat prasejarah di Indonesia adalah…
a. tulisan paku dari Mesopotamia
b. tulisan gambar dari Cina
c. tulisan pallawa dari India Selatan
d. tulisan sansekerta dari India utara
e. tulisan gambar dari Mesir
4. Sistem pemerintahan bangsa Indonesia pada masa kehidupan masyarakat sebelum mengenal tulisan dipimpin oleh seorang….
a. Raja
b. Sultan
c. Adipati
d. Kepala suku
e. Kepala agama
5. Bukti bahwa masyarakat prasejarah telah mengenal perdagangan adalah penyebaran….
a. chopper
b. kapak bahu
c. kapak lonjong
d. kapak persegi
e. kapak corong
6. Berdasarkan penelitian para ahli, bahasa yang dipergunakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia adalah.…
a. Austronesia
b. Melayu
c. Melanesia
d. Tibet
e. Yunani
7. Ciri utama pembuatan alat-alat pada zaman neolitikum adalah….
a. semua permukaan benda/ alat diperhalus
b. perhiasan terbuat dari tanah liat
c. bangunan batu besar untuk pemujaan
d. tanah liat merupakan bahan utama pembuatan gerabah
e. semua alat batu terbuat dari batu andesit
8. Nilai budaya prasejarah yang masih relevan sampai dewasa ini adalah.…
a. kepercayaan kepada yang gaib
b. kerja keras dalam menghadapi tantangan
c. prinsip hidup sama rasa, senasib sepenanggungan
d. bekerja membantu orang lain tanpa pamrih
e. toleransi dalam kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
9. Penemu hasil budaya zaman palaolitikum di daerah Pacitan adalah….
a. Eugene Dubois
b. Ny. Selenka
c. Von Rischoten
d. Von Koenigswald
e. Von Heine Geldern
10. Pusat-pusat pembuatan kapak persegi di Indonesia terdapat didaerah.…
a. Lahat, Bogor, dan Pacitan
b. Bandung, Karawang dan Blora
c. Bogor, Indramayu dan Tulungagung
d. Pacitan, Ngandong, dan Bogor
e. Bogor, Sukabumi dan Blora


















































LEMBAR KEGIATAN SISWA
MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X / SEMESTER I


Judul : Tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester: X / 1
Metode : Observasi / Pengamatan, Diskusi, Studi Pustaka
Waktu : 2 x 45 menit ( disesuaikan dengan kondisi sekolah )


1. Petunjuk Belajar ( Petunjuk Siswa )
a. Baca secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b. Baca literatur yang anda bawa atau perpustakaan untuk memperkuat pemahaman anda
c. Kerjakan setiap langkah sesuai tugas yang di berikan
d. Konsultasikan dan diskusikan kepada guru jika menemui kesulitan dalam mengerjakan tugas
e. Kumpulkan tugas sesuai jadwal yang disepakati
2. Standar Kompetensi
Kemampuan memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
3. Kompentensi yang Akan Dicapai
Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa praaksara dan masa aksara.
4. Indikator
1. Mendeskripsikan cara masyarakat yang belum mengenal tulisan mewariskan masa lalunya
2. Mengidentifikasikan tradisi sejarah pada masyarakat sebelum mengenal tulisan
5. Informasi
A. Cara Masyarakat yang Belum Mengenal Tulisan Merekam dan Mewariskan Masa Lalunya.
1. Melalui keluarga.
Keluarga merupakan dunia sosial pertama dan paling berkesinambungan bagi seseorang. Dalam keluarga terdapat hubungan sosial yang yang sangat intim, berkomunikasi pembelajaran bahasa serta pengenalan unsur-unsur utama kebudayaan.
Pengenalan dan pewarisan kebudayaan dalam keluarga dilakukan secara bertahap meliputi kebudayan material dan kebudayaan non material. Yang paling dominan diwariskan berupa kebudayan non material seperti pengetahuan kepercayaan, nilai, norma, bahasa, dan cerita dongeng.
Cara sosialisasi pewarisan kebudayaan melalui:
1. Adat istiadat
2. Cerita dongeng biasanya disisipi pesan yang dipandang baik

2. Melalui masyarakat
Masyarakat merupakan sekelompok orang yang memiliki kesamaan budaya yang diwariskan, wilayah identitas dan interaksi dalam hubungan sosial yang berstruktur. Anggota masyarakat satu sama lain saling membutuhkan, saling mengisi dan saling melengkapi.
Biasanya dalam masyarakat ada seseorang yang dituakan dan dianggap memiliki kemampuan lebih, dipercaya untuk memelihara dan menjaga tradisi yang diwariskan oleh leluhurnya dan disampaikan secara lisan sebagai sebuah ajaran yang harus ditaati.
Anggota kelompok masyarakat melakukan hal yang sama dari mulut ke mulut, dari generasi ke generasi, sehingga muncullah tradisi lisan .
Dalam tradisi lisan ini terkandung nilai-nilai moral keagamaan, adat istiadat, cerita khayalan, peribahasa, lagu dan mantra.


B. Tradisi sejarah di Indonesia sebelum mengenal tulisan
Kehidupan masyarakat nenek moyang bangsa Indonesia sebelum mengenal tulisan ternyata telah memiliki tingkat kebudayaan yang tinggi antara lain sudah adanya kehidupan yang teratur dalam kelompok yang telah pandai mengecor dan mencetak logam, memahat, membatik menenun dan sebagainya.
Menurut J.L.A. Brandes, masyarakat Indonesia sebelum mengenal tulisan telah memiliki 10 macam kemampuan budaya atau disebut local genius, yaitu :
1. Sistem kepercayaan
Sistem kepercayaan terhadap roh nenek moyang mulai tumbuh pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, dan berkembang pada masa bercocok tanam. Selain penghormatan pada roh nenek moyang mereka juga percaya terhadap kekuatan alam sehingga muncul animisme, dinamisme, dan totemisme.
2. Sistem kemasyarakatan
Sistem kemasyarakatan mulai tumbuh pada masa bercocok tanam. Mereka melakukan kegiatan secara bersama-sama (gotong royong), seperti dalam menebang hutan, menangkap ikan, menebar benih, membuat rumah, membuat saluran irigrasi, dan lain-lain. Sistem kemasyarakatan seperti ini berkembang sampai masa perundagian, yaitu dengan adanya pembagian kerja kelompok tertentu sesuai dengan bidang keahliannya.
Sistem kemasyarakatan yang dikenal dengan nama gotong-royong banyak dikenal dengan istilah yang berbeda, seperti: sambatan (Jawa), gugur gunung (Jawa Barat), passe (Bugis), pacce (Makasar), marsiurupan (Batak), aang tukung (Gayo), mapalus (Minahasa).
Aktifitas positif ini dapat dilihat pada kegiatan pesta dan upacara.
3. Pertanian
Sistem pertanian bersama dimulai pada zaman neolitikum yaitu semenjak manusia hidup menetap mereka mengusahakan bersawah dengan sistem irigasi dan pemakaian alat pertanian seperti cangkul, bajak dan sebagainya.
4. Kemampuan berlayar
Kemampuan berlayar bangsa Indonesia sudah dikenal sejak kedatangan nenek moyang dari daratan Asia. Kemampuan ini terus berkembang sejalan dengan tuntutan dan kondisi geografi wilayah Indonesia yang mengharuskan menggunakan transportasi. Kemampuan membuat perahu diawali dari perahu lesung, perahu bercadik, perahu berlayar, perahu bermesin, dan kapal.
5. Sistem bahasa
Masyarakat Indonesia memiliki sejumlah bahasa dan dialek yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan merupakan rumpun bahasa Melayu Austronesia yang selanjutnya menjadi bahasa pergaulan dalam perdagangan dan bahasa perantara (lingua franca)
6. Ilmu pengetahuan
Masyarakat pada saat itu sudah mengenal IPTEK antara lain dengan pemanfaatan angin musim sebagai tenaga penggerak dalam aktifias pelayaran dan perdagangan. Selain itu juga mengenal ilmu astronomi yang bermanfaat dalam arah pelayaran dan petunjuk waktu dalam bidang pertanian. sehingga mereka dapat mengetahui secara teratur waktu bercocok tanam, panen atau saat yang tepat untuk berlayar dan menangkap ikan.
7. Organisasi sosial
Manusia hidup dengan saling ketergantungan satu dengan yang lain. Manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa kelompok masyarakatnya. Mereka perlu kerja kelompok, gotong-royong dan saling membantu
8. Teknologi
Masyarakat Indonesia telah mengenal teknologi pengecoran logam dan pembuatan perahu yang sangat bermanfaat dalam menunjang kegiatan perdagangan, pelayaran, pertanian, rumah tangga, dan sebagainya.
9. Sistem ekonomi
Untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya mereka melakukan hubungan perdagangan dengan daerah-daerah lain dengan cara barter.

10. Kesenian
Kesenian mulai dikenal masyarakat prasejarah sebagai sarana hiburan dan pengisi waktu luang/senggang. Sebagai contoh: membuat batik, gamelan, kriya (kerajinan). Hasrat untuk mengekspresikan keindahah mulai muncul ketika manusia mulai hidup menetap di gua-gua.
Ekspresi keindahan dituangkan pada dinding gua-gua atau permukaan batu dalam bentuk lukisan ataupun relief dan patung. Selain itu mereka juga sudah mengenal seni kriya/kerajinan seperti batik , anyaman, tembikar, wayang, gamelan dan sebagainya.
6. Tugas
a. Di luar kelas
1. Membahas literatur diperpustakaan
2. Mencari informasi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan
b. Di dalam kelas
1. Diskusikan secara kelompok
2. Presentasi hasil diskusi
3. Menyimpulkan hasil diskusi bersama antara guru dan siswa
4. Membuat laporan dan menyerahkan laporan hasil diskusi kepada guru

7. Langkah Kerja
1. Buatlah kelompok maksimal 1 kelompok 5 orang
2. Tentukanlah notulis pembicaraketua setiap kelompok
3. Bacalah buku di perpustakan yang membahas tentang tradisi sejarah masyarakat sebelum mengenal tulisan
4. Diskusikan dengan anggota kelompok
5. Buatlah laporan hasil kerja kelompokmu
6. Presentasikan di depan kelas hasil kerja kelompokmu tersebut

8. Penilaian / Uji Kompentensi
Aspek: Kognitif
A. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Berilah contoh-contoh peninggalan masa lalu yang bersifat materialdan nonmaterial?
Jawab ……………………………………………………………………………….…………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………

...........................................................................................................................................................
2. Mengapa sistem gotong royong merupakan kewajiban yang mendasar pada tradisi masyarakat Indonesia sebelum mengenal tulisan ?
Jawab ……………………………………………………………………………….…………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………

...........................................................................................................................................................
3. Tulislah sarana yang digunakan manusia sebelum mengenal tulisan dalam mewariskan hasil budaya atau tradisinya pada generasi penerus !
Jawab ……………………………………………………………………………….…………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………

...........................................................................................................................................................

4. Tuliskan 10 kemampuan budaya (local genius) sebagai tradisi yang dimiliki bangsa Indonesia sebelum mengenal tulisan ! (menurut J.L.A. Brandes) dan berilah contoh-contoh/keterangan!
No. Jenis tradisi Contoh wujud/bentuk keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

B. Pilihan ganda ( bila memungkinkan )
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Lukisan cap tangan dengan jari-jari yang tidak lengkap merupakan simbol dari….
a. kegagalan masyarakat dalam mempertahankan wilayah
b. keinginan untuk mendapatkan berkah dan hujan
c. kegagalan kelompok dalam berperang
d. hukuman bagi orang yang melanggar aturan
e. berkabung karena ada anggota keluarga yang meninggal
2. Batu perhiasan pada masa food producing diberi istilah….
a. manik-manik
b. batu andesit
c. batu marmer
d. kalsedon
e. akik
3. Batu tunggal yang didirikan untuk menghormati roh nenek moyang disebut.…
a. dolmen
b. sarkofagus
c. waruga
d. kubur batu
e. menhir
4. Kepercayaan nenek moyang kita bahwa hewan tertentu memiliki kekuatan gaib disebut….
a. totemisme
b. animisme
c. dinamisme
d. atheisme
e. monotheisme
5. Kesenian yang ada hubungannya dengan pemujaan roh nenek moyang adalah….
a. seni batik
b. seni musik
c. seni tari
d. seni bangunan
e. seni suara
6. Sistem kepercayan muncul pertama kali dalam kehidupan masyarakat….
a. berburu dan meramu tingkat lanjut
b. berburu dan mengumpulkan makanan
c. berladang dan bercocok tanam di sawah
d. perundagian dan neolithikum
e. neolithikum dan megalithikum
7. Kemampuan berlayar menjadi dasar kehidupan manusia dalam perkembangan….
a. politik
b. sosial
c. ekonomi
d. agama
e. kebudayaan
8. Langkah pertama yang dilakukan oleh pihak keluarga di dalam mewariskan masa lalunya adalah.…
a. mengajarkan sopan santun
b. mendorong agar masa lalu dapat dilestarikan
c. mengajarkan tradisi dan pembekalan material
d. menuntut agar anak bertindak agresif
e. membekali pendidikan yang cukup
9. Salah satu kemampuan nenek moyang dalam meningkatkan ekonomi yang pantas untuk dilestarikan adalah….
a. menjalin hubungan dengan negara asing
b. menolak intervensi suku lain dalam perdagangan
c. mengawetkan dan menyimpan bahan makanan
d. mengumpulkan bahan makanan
e. menyelenggarakan sistem ladang berpindah
10. Kegigihan nenek moyang dalam upaya menemukan api dengan menggunakan bahan/alat.…
a. batu dan kayu
b. batu dan minyak
c. batu besar dan batu kecil
d. kayu dan minyak
e. batu dan lemak binatang






LEMBAR KEGIATAN SISWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar