Sabtu, 18 Januari 2014


mendut
MODUL  PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X / SEMESTER I

3
Judul                                     :  Hakekat dan Ruang Lingkup Sejarah
( Pengertian Sejarah dan Ciri-ciri Utama Sejarah )
Mata Pelajaran                   :  Sejarah
Kelas / Semester               :   X / 1
Metode                                 :   Diskusi, studi pustaka, ceramah
Waktu                                   :   2 x 45 menit ( disesuaikan dengan kondisi sekolah )

1.       Petunjuk Belajar ( Petunjuk Siswa )
a.        Baca secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b.        Baca literatur yang anda bawa atau di perpustakaan untuk memperkuat pemahaman anda
c.         Kerjakan setiap langkah sesuai tugas yang diberikan
d.        Konsultasikan dan diskusikan kepada guru jika menemui kesulitan dalam mengerjakan tugas
e.        Kumpulkan tugas sesuai jadwal yang di sepakati
2.       Standar Kompetensi
Kemampuan memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
3.       Kompetensi yang Akan Dicapai (Kompetensi Dasar) Ilmu
Kemampuan menjelaskan pengertian dan ruang lingkup sejarah.
4.       Indikator
Mendeskripsikan pengertian sejarah dan ciri-ciri utama sejarah
5.       Materi
a.       Pengertian sejarah
Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, syajarotun, yang berarti pohon. Pohon yang dimaksud adalah pohon silsilah, atau bagan asal-usul keturunan yang menyerupai bentuk pohon. Beberapa kerajaan di Indonesia pada masa lalu diketahui memiliki bagan silsilah keturunan semacam itu. Saat itu “sejarah” menfokuskan perhatiannya pada kehidupan seputar istana atau disebut “istana sentris”. Karya “sejarah” yang dihasilkan umumnya berkisah secara kronologis tentang raja-raja, silsilah keluarganya, dan tindakan pemerintahan mereka. Kisah-kisah tersebut sebagian besar dibumbui mitos dan legenda. Di beberapa daerah di Indonesia, kisah-kisah semacam itu disebut dengan istilah yang berbeda-beda, seperti riwayat, hikayat, babad, kidung, atau tambo.
Dalam bahasa Inggris sejarah disebut history, sebuah kata dari bahasa Yunani istoria yang berarti ilmu atau dalam perkembangan selanjutnya diartikan sebagai pengkajian terhadap segala sesuatu mengenai manusia secara kronologis. Dalam bahasa Jerman kata sejarah disebut geschichte yang artinya sesuatu yang telah terjadi. Ada beberapa istilah lain yang setara dengan sejarah atau history, seperti annales, chronika, dan commentarii. Ketiganya digunakan untuk menamakan catatan peristiwa-peristiwa yang tersusun menurut urutan waktu.
-          Annales atau annals (Inggris), annalen (Belanda), L’annale (Perancis), berasal dari kata annus yang berarti tahun.
-          Chronika atau cronicle (Inggris), kroniek (Belanda), chronique (Perancis), berasal dari kata chronos yang berarti waktu.
-          Commentarii atau commentary (Inggris), komentaar (Belanda), commentair (Perancis), artinya tafsiran tentang hubungan yang dianggap ada antara peristiwa satu dengan peristiwa lain.
Pendapat beberapa ahli tentang sejarah :
1.       Herodotus
Sejarawan dari Yunani yang juga dikenal sebagai “bapak sejarah dunia” ini mengatakan bahwa sejarah tidak berkembang  ke arah depan dengan tujuan pasti melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.
2.       Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia mengatakan bahwa sejarah adalah:
a.  Sejumlah perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa dalam kenyataan  sekitar kita;
b.  Cerita tentang perubahan, kejadian, peristiwa yang realita;
c.   Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan, kejadian, peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
3.       Ibn Khaldun dalam bukunya  Mukadimah mengartikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.
4.       W.J.S Poerwadarminta dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia mengatakan bahwa sejarah sebagai:
a. Kesusastraan lama, silsilah, asal-usul;
b. Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau;
c. Ilmu pengetahuan, cerita pelajaran tentang  kejadian yang benar-benar terjadi pada
    masa lampau.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari semua kejadian atau peristiwa pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.
b.      Ciri-ciri utama sejarah
Sejarah merupakan suatu ilmu yang memiliki ciri khas, dan cara berfikir yang berbeda  dengan cara berfikir ilmu pengetahuan lain. Cara berfikir historis merupakan cara berfikir dalam ilmu sejarah
Peristiwa sejarah memiliki ciri-ciri utama :
1.       Abadi, karena peristiwa sejarah tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa.
2.       Unik, karena peristiwa sejarah hanya terjadi sekali dan tidak pernah terulang untuk kedua kalinya.
3.       Penting, karena peristiwa sejarah dapat dijadikan momentum dan dapat menentukan kehidupan orang banyak.
6.       Tugas
a.       Di luar kelas
1.          Membaca literatur di perpustakaan
2.          Mencari informasi tentang pengertian sejarah dan ciri-ciri utama sejarah
b.   Di dalam kelas
1.          Diskusikan dengan kelompok tugas yang telah diperoleh
2.          Presentasi hasil diskusi kelompok
3.          Menyimpulkan hasil diskusi bersama antara guru dan siswa
4.          Membuat laporan dalam kelompok menggunakan format yang telah tersedia
5.          Menyerahkan laporan hasil diskusi kepada guru
7.       Langkah Kerja
1.       Buatlah kelompok, maksimal 1 kelompok 5 anggota.
2.       Tentukan notulis, pembicara dan ketua setiap kelompok.
3.       Bacalah buku diperpustakaan / literatur jika memungkinkan. Bukalah situs di internet yang membahas tentang pengertian dan ciri utama sejarah.
4.       Diskusikan dengan anggota kelompokmu, hasil bacaan atau pengamatan dari internet tadi. 
5.       Buatlah laporan hasil kerja kelompokmu.
6.       Presentasikan di depan kelas hasil kerja kelompkmu tersebut.

8.       Penilaian / Uji Kompetensi
Aspek: Kognitif
A.  Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.       Tuliskan pengertian sejarah ditinjau dari :
a.       Asal katanya
                                Jawab:   …………………..…………………………………………………………………………………………
.……………………………………………………….…………………………………………………… ………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………


b.       Pendapat para ahli
Jawab:   …………………..…………………………………………………………………………………………
.……………………………………………………….…………………………………………………… ………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………
c.        Menurut kesimpulan anda
Jawab:   …………………..…………………………………………………………………………………………
.……………………………………………………….…………………………………………………… ………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………
2.       Sejarah sebagai ilmu memiliki cirri-ciri utama. Coba jelaskan hal tersebut !
Jawab:           …………………..…………………………………………………………………………………………
.……………………………………………………….…………………………………………………… ………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………
3.       Benarkah sejarah akan terulang kembali ? Berilah penjelasan tentang pendapat tersebut !
Jawab:           …………………..…………………………………………………………………………………………
.……………………………………………………….…………………………………………………… ………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………
4.       Buktikan bahwa suatu peristiwa sejarah dapat mempengaruhi dinamika masyarakat !
Jawab:           …………………..…………………………………………………………………………………………
.……………………………………………………….…………………………………………………… ………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………
5.       Apakah anda setuju jika semua peristiwa atau kejadian yang dialami manusia masuk dalam sejarah dan harus disusun sebagai cerita sejarah ! Jelaskan pendapatmu tersebut !
Jawab:           …………………..…………………………………………………………………………………………
.……………………………………………………….…………………………………………………… ………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………
………………….……………………………………………………………………….…………………

B.   Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !


1.       Istilah sejarah berasal dari bahasa Arab, syajarotun yang berarti pohon, sedangkan ilmu sejarah dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah….
a.        Syariat                                   d.   Tarikh
b.        Hikayat                                  e.   Fikih
c.         Riwayat
2.       Pengetahuan sejarah menjadi sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena.…
a.        mempelajari peristiwa yang terjadi pada masa lampau
b.        menyelidiki berbagai peninggalan manusia di masa lampau
c.         dapat dijadikan pedoman hidup suatu bangsa dan negara
d.        sejarah tidak pernah terlepas dari masa lampau
e.        sejarah mempelajari kehidupan masyarakat dari masa lampau
3.       Berikut ini ciri-ciri peristiwa yang dapat digolongkan sebagai peristiwa sejarah, kecuali.…
a.        peristiwa tersebut menyangkut kehidupan manusia
b.        peristiwa tersebut terjadi pada masa lampau
c.         peristiwa tersebut berpengaruh besar pada zamannya dan zaman-zaman berikutnya
d.        peristiwa tersebut terjadi berulang-ulang
e.        peristiwa tersebut hanya sekali terjadi
4.       Perbedaan pokok antara zaman prasejarah dan zaman sejarah adalah….
a.        sudah mengenal tulisan dan belum mengenal tulisan
b.        masyarakat sudah beragama dan belum beragama
c.         kegiatan negara baru dan kegiatan negara kuno
d.        pengusaha-pengusaha baru dan kuno
e.        negara berbasis industri dan negara berbasis pertanian
5.       Seorang tokoh yang berkebangsaan Yunani dan dianggap sebagai “bapak sejarah dunia” adalah….
a.        Aristoteles                             d.   Cicero
b.        Herodotus                             e.   Socrates
c.         Hipocrates
 C. Penilaian hasil laporan
Laporan hasil kerja kelompok tentang pengertian dan ciri-ciri utama sejarah (ditulis nama anggota kelompok dan hasil kerjanya)
      Aspek : Afektif
      Melalui pengamatan selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, guru mengamati minat siswa.
      Petunjuk bagi siswa :   Perhatikan setiap aspek yang tertera didalam kolom pernyataan / penilaian, dan laksanakan setiap aspek pernyataan tersebut.
No.
Pernyataan
Skala
SL
Sr
J
TP
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
Siswa aktif mengikuti pelajaran
Kesungguhan mencari sumber pustaka
Kemampuan mengungkapkan pendapat
Kemampuan menanggapi pertanyaan
Kemampuan bekerja sama
Kemampuan menyimpulkan hasil diskusi
Kemampuan bertanya hal yang kurang jelas
Memberi kesempatan kepada orang lain





Keterangan : 
Aspek yang dinilai                       skor pernyataan positif                       skor minimal 8, skor maksimalnya 32            
1. SL = selalu                                               4                                              Jadi ketegorinya :
2. Sr  = sering                                               3                                              8 – 14     :  tidak berminat
3. Jr   = Jarang                                             2                                              15 – 20  :  kurang berminat
4. Tp  = Tidak pernah                                 1                                              21 – 26  :  berminat
                                                                                                                                27 – 32  :  sangat berminat
9.       Tindak Lanjut
Jika anda dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan langkah kerja di atas maka diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan berikutnya, jika belum maka dilakukan pengulangan kembali (remidial).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar